Jumat, 27 Agustus 2010

Filosofi Elang

Filosofi Elang…Mari Belajar Darinya..

Kawan, hari ini saya kembali bercerita..maksudku melalui tulisan ini saya kembali bercerita tentang seekor binatang. yang mengagumkan..ELANG, hewan berdarah panas yang mampu terbang jauh dan dapat mencengkram mangsanya dengan cakarnya yang kuat serta paruhnya yang tidak bergigi tetapi mempunyai bengkok yang kuat untuk mengoyak daging mangsanya.

Elang adalah burung yang mampu terbang paling tinggi di dunia ini. Elang bahkan membuat sarang di ketinggian. Padahal semua tahu bahwa di ketinggian, angin selalu bertiup sangat kencang. Umurnya dapat mencapai 70 tahun. Tetapi untuk mencapai umur sepanjang itu seekor elang harus membuat suatu keputusan yang sangat berat pada umurnya yang ke 30 - 40th.

Keputusan itulah yang akhirnya menjadi pilihan bagi hidupnya.. Ketika elang berumur 40 tahun, cakarnya mulai menua, paruhnya menjadi panjang dan membengkok hingga hampir menyentuh dadanya. Sayapnya menjadi sangat berat karena bulunya telah tumbuh lebat dan tebal, sehingga sangat menyulitkan waktu terbang. Pada saat itu, elang hanya mempunyai dua pilihan: Menunggu kematian, atau mengalami suatu proses transformasi yang sangat menyakitkan selama 150 hari.

Untuk melakukan transformasi itu, elang harus berusaha keras terbang ke atas puncak gunung untuk kemudian membuat sarang di tepi jurang , berhenti dan tinggal disana selama proses transformasi berlangsung.

Pertama-tama, elang harus mematukkan paruhnya pada batu karang sampai paruh tersebut terlepas dari mulutnya, kemudian berdiam beberapa lama menunggu tumbuhnya paruh baru. Dengan paruh yang baru tumbuh itu, ia harus mencabut satu persatu cakar-cakarnya dan ketika cakar yang baru sudah tumbuh, ia akan mencabut bulu badannya satu demi satu. Suatu proses yang panjang dan menyakitkan. Lima bulan kemudian, bulu-bulu elang yang baru sudah tumbuh. Elang mulai dapat terbang kembali.

Adakah kawan-kawan pernah sedikit merenungkan bahwasanya terkadang kita hidup dalam lingkaran pilihan yang sulit namun selalu paralel dengan sedikit kebebasan dalam memilihnya? Terkadang, kita lebih memilih untuk mempertahankan kebanggan yang selama ini membuat kepala kita berdiri tegak walaupun untuk mempertahankannya kita rela untuk mengorbankan segala cara termasuk prinsip? Terkadang kita tidak berani untuk melepaskan kenyamanan sesaat ini demi mencapai kenyamanan yang lain di masa yang akan datang.

Belajar dari kisah si Elang, betapa tidak berdayanya dia ketika harus melepaskan kebanggaannya demi mempertahankan hidup dan meneruskannya dengan lebih baik..seharusnya kita pun mampu untuk melakukan hal yang sama. Belajar mengorbankan kebanggaan kita demi mempertahankan sesuatu yang jauh lebih bermakna bagi diri kita sendiri dan orang lain di masa yang akan datang.

Sebagai manusia kita memang memiliki kebebasan untuk memilih. Namun sayangnya ada zona kenyamanan yang seringkali membatasi pilihan-pilihan hidup kita. Tetapi benarkah kita lebih menyukai kenyamanan kekinian dibandingkan kenyamanan lain.
Kenyamanan lain? Ya, ada beberapa hal yang selama ini kita tidak miliki dan sangat ingin kita miliki, tetapi itu berarti kita harus mengubah sesuatu. Cara hidup kita selama ini perlu kita ubah bila kita ingin mendapatkan sesuatu. Sedikit belajar berspekulasi menurut saya.

Kiranya dapat menjadi kisah yang inspiratif bagi kita…

ALuL dE CONaN di 11.44 blogspot 

Label: Pusparagam

Posted by Syarifah said

Burung elang itu burung yang umurnya panjang? umurnya bisa sampai 70 tahun.

“tau kenapa?”

“sebenernya, ketika dia berumur 30-40 tahun, burung elang mempunyai masalah. pertama, bulunya itu sudah terlalu tebal sehingga dia terlalu berat untuk bisa terbang. kedua, cakarnya sudah terlalu panjang sehingga tidak bisa mencengkram dengan baik. ketiga, paruhnya menjadi bengkok dan tumpul. tapi Tuhan ngasih dia pilihan solusi.”

“apa itu?”

“dia menerima keadaannya dan diem aja sampai dia mati kelaparan. atau dia mempermuda diri, dengan cara menyiksa diri di karang.”

Apa????

” dia akan memukul mukulkan cakar dan paruhnya di karang, hingga menjadi pendek dan tumbuh lagi dengan ukurannya yang semestinya. lalu dengan paruhnya,, dia akan mencabuti bulunya. dan proses yang menyakitkan itu berlangsung selama 3 bulan. tapi dari penyiksaan diri itu,, dia akan dapet umur 30 tahun lagi.”

Wauuuwww...

1 komentar:

bredmart mengatakan...

Salam kenal klik link ini

Posting Komentar